Resep Belalang Goreng Enak Bernutrisi




Resep Belalang Goreng Enak Bernutrisi

Belalang bukan hanya sebagai menu hidangan yang lezat yang dikenal luas diindonesia khususnya didaerah pedesaan jawa bahkan dimanca negara yang dijadikan menu utamanya.dan bagi muslim menu belalang dijamin 100% halal keterangan dari kitab safinah.untuk kandungan gizi belalang kayu.



Belalang merupakan hewan liar dan hama bagi tanaman, namun sebagain orang melihat belalang justru sebagai panganan lezat yang kaya akan nutrisi. Seperti warga masyarakat Gunung Kidul, Yogyakarta. Jenis serangga ini dijadikan sebagai makanan cemilan atau lauk-pauk dengan cara dibersihkan dari kotoran dan bulu-bulu belalang lalu digoreng dan dikonsumsi sebagai bahan pangan alternatif masyarakat setempat.



Belalang yang dijadikan panganan alternatif ternyata mampu memenuhi kebutuhan penduduk terhadap panganan dan gizi karena mengandung protein, vitamin, asam lemak esensial dan mineral. Kandungan gizi yang terdapat dalam belalang secara ilmiah ternyata tidak kalah bergizi dari daging sapi yang merupakan sumber protein tinggi.



Selain itu, belalang juga memiliki beberapa keutamaan diantaranya dapat dijadikan cemilan bergizi, dapat dijadikan lauk pendaping nasi, dapat menghangatkan badan karena mengandung protein tinggi, aman dikonsumsi dan dapat bertahan selama 3 minggu setelah di goreng. Nah, jika anda ingin mencoba makanan dari belalang seperti warga masyarakat gunung kidul, anda bisa menyajikannya dengan resep cara membuat belalang goreng berikut ini.


belalang goreng
Bahan-bahan belalang goreng

1.       Belalang 1 kg
2.       Bawanng merah 15 siung
3.       Bawang putih 10 siung
4.       Gula pasir 250 gr
5.       Penyedap rasa ½ sendok makan
6.       Garam 4 sendok makan

Cara memasak belalang goreng

  •  Siapkan belalang yang masih fresh dan segar

  • Tarik kepala belalang sampai putus untuk membersihkan kotoran yang ada di perut belalang supaya terbawa keluar.

  • Cabut sayap dan bulu pada punggung belalang supaya bersih.

  • Setelah itu, bersihkan belalang dengan menggunakan air hangat supaya kotoran yang masih menempel pada belalang terangkat.

  • Siapkan panci lalu masukan bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan ke dalamnya.

  • Kemudian masukkan belalang, gula pasir, garam, dan penyedap rasa ke dalam panci.

  • Tuang air sebanyak ±2 liter dan rebus belalang selama ±30 menit sampai berwarna kemerahan dan matang.

  • Setelah matang, angkat dan tiriskan belalang selama 5 menit kemudian goreng belalang sampai berwarna kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan.

  • Simpan di dalam wadah saji atau toples.

  • Saat akan menggoreng belalang jangan sampai menggunakan gula merah atau gula jawa dalam campuran bumbunya karena dapat menyebabkan belalang cepat gosong saat penggorengan.

Nah gampang kan mengolahnya, belalang goreng ini bisa dimakan sebagai lauk nasi, cemilan saat santai, atau dikemas sebagai oleh-oleh. Selamat mencoba dan berkreasi.

Tambahan:
Jika terkena dampak alergi yang ditandai gatal-gatal. tenang nggak mesti panik cara penanganannya: secepatnya sedu kopi hitam tanpa gula lalu minun.alergi ngacir tak lama setelah minum kopi pahitnya.selamat mencoba dan berkreasi dengan menu tradisional dijamin lezat dan nikmat.

0 Response to "Resep Belalang Goreng Enak Bernutrisi"

Post a Comment