Cara Membuat Nasi Pecel Khas Madiun



Cara Membuat Nasi Pecel Khas Madiun

Siapa yang tidak mengenal salah satu kuliner khas Jawa ini? ya, mungkin hampir semua orang telah mengenal apa yang namanya pecel. Pecel merupakan kuliner dengan menyajikan berbagai sayuran dengan sambal khusus. Kita bisa menemukan banyak jenis pecel. Kali ini, kita akan mengenal lebih lanjut tentang bagaimana membuat pecel Madiun. Pecel Madiun memang sangat terkenal meskipun sebenarnya pecel ini tak jauh berbeda dengan berbagai pecel lainnya. Anda bisa menemukan banyak warung makan yang menyediakan menu ini sebagai menu unggulan. Meski demikian, Anda juga bisa menghidangkan menu ini untuk jamuan makan bersama keluarga besar ataupun saat arisan. Indonesia memiliki kekhasan kuliner. Salah satunya adalah Pecel Madiun yang sangat lezat dan segar.
 
Hidangan ini tak hanya bisa dinikmati di hari biasa sebagai variasi menu tetapi juga bisa dijadikan salah satu menu ketika Anda mengadakan suatu acara besar seperti tasyakuran, reuni keluarga, arisan, ataupun pengajian. Bahkan, banyak orang lebih menyukai menu pecel yang sangat segar ini dibandingkan dengan berbagai hidangan dengan bahan dasar daging ataupun masakan dengan santan kental. Untuk menghidangkan menu nasi pecel Madiun tidaklah sulit. Anda bisa mencoba Resep Pecel Madiun Kompilt yang lezat dan nikmat ini. Kunci sukses dari kenikmatan dan kelezatan hidangan pecel adalah terletak pada sambal kacang khas pecel. Meski demikian, bila Anda mengikuti resep ini, Anda akan mendapatkan sambal kacang spesial untuk siraman menu pecel dengan citarasa istimewa khas Pecel Madiun.

Inilah rahasia resep bumbu pecel khas madiun. Nasi pecel madiun memang cukup terkenal hingga menjadi resep masakan nusantara. Resep bumbu pecel khas madiun telah menjadi menu keluarga indonesia. Namun sebagai putra daerah saya ikut prihatin sebab cita rasanya jauh berbeda dengan daerah asalnya. Ada beberapa rahasia sebenarnya dan salah satunya terletak dari cara pembuatan sambal pecelnya, sehingga saya dapat dengan mudah membedakan resep bumbu pecel asli madiun atau atau bukan.

Rahasia bumbu pecel madiun terletak pada sambalnya. Cara pembuatan sambal pecel ini memang cukup mudah. Namun jika menginginkan cita rasa sambal pecel yang enak dan wangi tentunya harus dengan resep yang pas dan sesuai dengan aslinya. Cita rasa nasi pecel madiun sangat khas, rasa pedas, asin, manis menjadi satu sehingga tercipta cita rasa istimewa.

Dalam membuat sambal nasi pecel cukup mudah dan sederhana, namun jika menginginkan aroma sambal pecel yang enak tentunya harus sesuai dengan resep aslinya yakni menggunakan daun jeruk purut ( bukan daun jeruk nipis ) saat pembuatan sambalnya. Inilah yang kemungkinan sulit di cari di daerah lain termasuk jakarta. sehingga anda harus mendatangkan daun jeruk purut dari daerah asalnya atau memesan langsung sambal pecel dari madiun.

Resep pecel madiun merupakan salah satu resep masakan tradisional yang telah menjadi resep masakan indonesia. Nasi pecel madiun ini sebenarnya cukup simple dan sederhana. Bahan bahan yang digunakan mudah di dapatkan di pasar pasar tradisional, seperti : daun kemangi, touge ( ganteng ), kacang panjang, dan lainnya. Yang jelas semua jenis sayuran dapat di gunakan, sehingga tergantung selera bunda saja.

Resep bumbu pecel

Ada beberapa pelengkap saat menyajikan nasi pecel khas madiun ini, yakni ada tambahan serundeng, rempeyek, lempeng, kereng tempe basah, dan di sajikan dengan daun pisang ( pincuk ). Nasi pecel madiun sudah menjadi menu beberapa rumah makan dan restoran ternama. Yuk mencoba membuat sajian nasi pecel khas madiun.

Bahan sayuran

  •     Touge / kecambah : ± 100 gram ( direndam air panas mendidih sekitar 5 menit ).
  •     Kacang panjang : 2 ikat kecil ( di rebus hingga matang ).
  •     Petai cina : 1 ikat ( mentah ).
  •     Bayam : 2 ikat ( direbus / di kukus ).
  •     Bunga turi : 10 buah ( di kukus ).
  •     Atau dengan bahan sayuran lain sesuai dengan selera bunda, misalnya : kol ( direbus), kangkung ( di rebus ), sawi ( direbus ), mentimun( dicacah ), daun singkong ( direbus ), dan lainnya.

Cara membuat sambal pecel

Sambal pecel menggunakan bahan utama kacang tanah yang di goreng kemudian di tumbuk halus dengan tambahan bumbu khusus. Sambal pecel asli madiun menggunakan daun jeruk purut untuk menambah sedapnya aroma dan cita rasa sambal pecel.

Bahan utama sambal pecel  
  • Kacang tanah : 500 gram. 
Bumbu sambal pecel
  • Cabe rawit merah : 5 buah ( tergantung selera ).
  • Bawang putih : 3 siung.
  • Kencur : seruas kecil sekitar ½ cm.
  • Garam : 1 sendok teh.
  • Gula pasir : ¼ sendok teh.
  • Daun jeruk purut : 4 lembar.
Cara membuatnya
Goreng kacang tanah hingga matang. Saat menggoreng di sarankan untuk aduk aduk terus supaya tidak gosong. Angkat setelah warna kacang berubah sedikit kecoklatan.
Tumbuk kacang tanah goreng bersama dengan ( cabe rawit merah + kencur + bawang putih + daun jeruk purut + garam + gula pasir ) hingga lembut.
Jika bunda tidak punya alat tumbuk dapat menggunakan cobek untuk membuatnya. Namun sekarang telah banyak di jual sambal pecel siap pakai di supermarket atau pasar swalayan, sehingga bunda hanya mempersiapkan bahan bahan sayuran untuk dapat menikmati nasi pecel.
 
Bahan pelengkap
  • Kering tempe
  • Serundeng kelapa
  • Rempeyek / lempeng
Saran penyajian
Di tempat aslinya ( madiun ) menu nasi pecel biasanya di sajikan dengan daun pisang (pincuk).
     
Ambil nasi hangat secukupnya, tambahkan sayurannya sehingga menutupi nasi lalu tambahkan sambal yang sebelumnya telah di cairkan dengan air panas. Tambahkan petai cina, serundeng, dan kering tempe. Sajikan dengan tambahan rempeyek atau lempeng.

Sebenarnya menu sayuran tidak mengikat dan rahasianya terletak pada cita rasa sambal kacang jeruk purut.

Demikian resep bumbu nasi pecel madiun. untuk resep yang lain klik disini

0 Response to "Cara Membuat Nasi Pecel Khas Madiun"

Post a Comment